Lapas Tondano Terus Berbenah Dalam Meningkatkan Program Pembinaan Bagi WBP Minahasa

TONDANO, MEDIAREALITA.COM – Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tondano Kanwil KemenkumHam Sulut, terus berbenah dalam meningkatkan pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Meski berada di balik jeruji besi mereka senantiasa disibukkan dengan berbagai macam pembinaan yang di programkan oleh Lapas Tondano dengan melibatkan mitra kerja salah satunya kegiatan bidang beternak bebek petelur.

Dengan memanfaatkan lahan dilingkungan komplek Lapas Tondano yang telah diresmikan menjadi Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara Dr. Ronald Lumbuun, S.H.,M.H. bersama Pj. Bupati Minahasa Dr Jemmy Kumendong MSi, Lapas Tondano terus memupuk bakat, minat dan keahlian yang dimiliki oleh WBP dengan bermuara ke kegiatan positif dan produktif sehingga mampu memberikan penghasilan bagi WBP serta dapat menambah Target Tahunan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Baca juga:  Ini Tujuan PDAM Tomohon Bangun Bak SPL di SPAM Rurukan

Kepala Lapas Tondano Yulius Paath menjelaskan meskipun memiliki keterbatasan ruang dan waktu, mereka memiliki hak untuk mendapatkan program pembinaan kepribadian maupun pembinaan kemandirian.

“Seperti halnya dengan kegiatan bidang peternakan bebek petelur yang memiliki potensi untuk dapat dikembangkan dengan menetaskan telurnya di mesin penetas, dengan harapan Lapas bukan hanya memasarkan telur namun bisa memasarkan bibit maupun daging bebek,”,ucap Yulius.

Yulius Paath juga menambahkan, dengan adanya program pembinaan yang diberikan kepada WBP tersebut diharapkan dapat menjadi modal pengetahuan khususnya di bidang peternakan bebek petelur.

Baca juga:  Tingkatkan Pelayanan PD Pasar Tomohon Benahi Jalan dalam Pasar

“Serta dapat menjadi mitra kerja dengan Lapas Tondano dalam pengembangan usaha bidang peternakan bebek petelur setelah selesai menjalani masa pidana,” pungkasnya.

Terry Lumentut

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *