Serentak se- Indonesia, Caroll Senduk Canangkan GEMAPATAS

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH, menghadiri kegiatan Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun Anggaran 2023 serta Pencanangan pemasangan tanda batas bidang tanah, diselenggarakan oleh Kementerian ATR/BPN secara virtual, Jumat (3/02/2023), di Kantor Kelurahan Lansot.

Dikatakan Wali Kota Tomohon pencanangan gerakan masyarakat pemasangan tanda batas (GEMAPATAS) sebanyak 1 (satu) juta patok dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia.

“GEMAPATAS merupakan gerakan yang dilakukan oleh masyarakat para pemilik tanah untuk memasang tanda batas tanah sesuai batas tanah yang dimilikinya,” ucap Caroll Senduk.

Baca juga:  Sidang Perkara APKOMINDO Saksi Diduga Beri Keterangan Palsu

Tujuan gerakan ini, kata Wali Kota, untuk menggerakan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memasang dan menjaga batas tanah yang dimiliki karena dengan dipasangnya patok tanda batas oleh masing-masing pemilik tanah, diharapkan juga dapat meminimalisir konflik maupun sengketa batas tanah antar masyarakat.

“Selaku masyarakat Kota Tomohon mendukung penuh serta mengapresiasi program yang diselenggarakan oleh BPN ini, ” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penancapan patok secara simbolis oleh Wali Kota.

BPN Tomohon menargetkan 500 patok di tiga Kelurahan yaitu Kelurahan Lansot, Matani Tiga dan Walian Dua serta sertifikat (PTSL) sebanyak 1657 untuk tahun 2023.

Baca juga:  Giliran Lansia di Enam Kelurahan Terima Insentif Pemkot Tomohon

Turut hadir Kepala Survey dan Pemetaan Kantor BPN Tomohon Fidrian Sumardianto, Kepala Bagian Tatausaha Kantor BPN Tomohon Heidy SH MH, Seluruh Pegawai BPN Tomohon, Seluruh Lurah Se-Kota Tomohon yang terundang

Terry Lumentut

Related posts