Pemkot Raih WTP Ketua DPRD Tomohon Siap Follow Up Catatan BPK RI

Ketua DPRD Kota Tomohon membawakan sambutan

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon maraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tomohon Tahun Anggaran (TA) 2023 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (08/05/2024).

Ketua DPRD Kota Tomohon Djemmy Sundah SE yang turut hadir mengatakan Raihan WTP yang sudah ke- 11 kali ini menjadi motivasi bagi pemerintah kota Tomohon bersama-sama DPRD.

“Agar supaya ke depan apa yang sudah dicapai dapat dipertahankan,” kata Djemmy Sundah saat bawakan sambutan pada penyerahan LHP atas LPKD Kota Tomohon tahun 2023.

Baca juga:  Syukuri HUT ke- 60 Enos Pontororing Ungkap Romantika sebagai Abdi Negara

Ditegaskannya, dari apa yang disampaikan ketua BPK, terkait sejumlah catatan dan temuan-temuan akan segera di-follow up.

“Tentunya temuan-temuan yang ada ini segera ditindak lanjuti untuk perbaikan. Maupun sejumlah temuan lainnya untuk secepatnya segera diselesaikan. Karena pihak BPK memberikan waktu selambat-lambatmya selama 60 hari,”tegasnya.

Lanjutnya, dengan capaian – capaian yang ada ini, kata Sundah, Kota Tomohon dengan Opini WTP menjadi tantangan bagi DPRD dan Pemerintah Kota Tomohon.

Sememtara itu, Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Utara Dr. Arief Fadillah berharap DPRD dapat memanfaatkan serta menggunakan informasi yang disampaikan dalam Laporan Hasil Pemeriksaan.

Baca juga:  Siap Perjuangkan Asmara Tobar, Persawahan Jadi Fokus Netty Senduk

“DPRD secara bersama-sama dengan Pemerintah Daerah diharapkan terus berupaya memperbaiki pertanggungjawaban pelaksanaan APBD serta memantau penyelesaian tindak lanjut atas rekomendasi hasil pemeriksaan yang terdapat dalam LHP BPK sesuai dengan kewenangannya,” harapnya.

Diketahui dari hasil resume pemeriksaan BPK, jumlah temuan yakni 13 temuan dan 24 rekomendasi. Sedangkan jumlah koreksi sebanyak 61 jurnal koreksi dan untuk tindak lajut hasil pemeriksaan capai 74, 73 persen.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *