Ketua DPRD Jemmy Sundah Hadiri Penyerahan Opini WTP Pemkot Tomohon oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sulut

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Ketua DPRD Kota Tomohon Jemmy Sundah SE menghadiri penyerahan piagam dan sertifikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian(WTP) kepada Pemkot Tomohon oleh BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara(Sulut), bertempat di kantor BPK Perwakilan Sulut, Manado, Rabu(08/05/2024).

Ketua DPRD Kota Tomohon membawakan sambutan

Opini WTP dierikan sebagai hasil atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Tomohon Tahun Anggaran (TA) 2023 oleh BPK RI Perwakilan Sulut.

Wali Kota Tomohon Caroll Senduk SH menerima penyerahan piagam dan sertifikat opini WTP dari Kepala Perwakilan BPK Arief Fadillah.

Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Arief Fadillah mengatakan opini WTP yang diraih oleh pemerintah Kota Tomohon menunjukkan komitmen pemerintah daerah beserta jajarannya terhadap kualitas laporan keuangan yang dihasilkan.

“Capaian ini tentunya tidak terlepas dari sinergi yang efektif dari seluruh pemangku kepentingan serta dukungan dari DPRD dalam pelaksanaan fungsi pengawasan,” ucap Arief Fadillah.

Wali Kota Caroll Senduk menyampaikan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Sulut yang telah memberikan penilaian atas LHP LKPD 2023.

Baca juga:  Wali Kota Caroll Senduk Bahas Penanganan Konflik Sosial dalam Rapat Forkopimda Tomohon

“Opini Wajar Tanpa Pengecualian yang kembali diraih Kota Tomohon kali ini diterima untuk yang kesebelas kali secara berturut-turut ini sebagai bentuk menghadirkan tata kelola pemerintahan yang efektif, bersih, akuntabel dan melayani terutama dalam pengelolaan dan penggunaan anggaran serta keuangan daerah,” ungkap Caroll Senduk.

Tak lupa Caroll Senduk berterima kasih serta mengapresiasi kerjasama, sinergi dan kesungguhan antara eksekutif dan legislatif dalam mewujudkan anggaran yang baik, akuntabel dan transparan.

“Terima kasih kepada BPK yang telah menyerahkan LHP LKPD tahun 2023. Puji Tuhan, dari LHP yang diserahkan, kami kembali meraih opini WTP,” ucap Caroll Senduk.

Ketua DPRD Jemmy Senduk SE menyampaikan prestasi ini merupakan wujud nyata sinergitas antara eksekutif dengan legislatif demi kepentingan pembangunan di Kota Tomohon.

“Raihan WTP yang sudah ke- 11 kali ini menjadi motivasi bagi pemerintah kota Tomohon bersama-sama DPRD,” tutur Jemmy Sundah saat membawakan sambutan pada penyerahan LHP atas LPKD Kota Tomohon tahun 2023.

Baca juga:  Wali Kota Caroll Senduk Harap ke Depannya PMI Kota Tomohon Semakin Baik

Ia berharap Raihan prestasi ini dapat terus dipertahankan.

Ditegaskannya, dari apa yang disampaikan ketua BPK, terkait sejumlah catatan dan temuan-temuan akan segera di-follow up.

“Tentunya temuan-temuan yang ada ini segera ditindak lanjuti untuk perbaikan. Maupun sejumlah temuan lainnya untuk secepatnya segera diselesaikan. Karena pihak BPK memberikan waktu selambat-lambatmya selama 60 hari,” tegasnya.

Lanjutnya, dengan capaian – capaian yang ada ini, Kota Tomohon dengan Opini WTP menjadi tantangan bagi DPRD dan Pemerintah Kota Tomohon.

Diketahui dari hasil resume pemeriksaan BPK, jumlah temuan yakni 13 temuan dan 24 rekomendasi. Sedangkan jumlah koreksi sebanyak 61 jurnal koreksi dan untuk tindak lajut hasil pemeriksaan capai 74, 73 persen.

Turut hadir Sekdakot Tomohon Edwin Roring SE ME, Kepala Inspektorat Jeane Bolang SH dan Kaban Keuangan Drs Gerardus Mogi.(Advertorial).

Terry Lumentut

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *