Kaleidoskop 2023: Bupati Djemmy Kumendong Marathon Keliling Wilayah Ciptakan Kondisi Minahasa Tangguh dan Kondusif

Djemmy Kumendong saat dilantik sebagai Penjabat Bupati Minahasa oleh Gubernur Sulut

TONDANO, MEDIAREALITA.COM – Sejak dilantik pada tanggal 25 September 2023 oleh Gubernur Sulawesi Utara Prof Dr (HC) Olly Dondokambey berdasarkan SK Mendagri sebagai Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi langsung tancap gas menjalankan amanah yang dipercayakan kepadanya.

Bupati Kumendong mengawali agenda kerjanya sebagai orang nomor satu di Minahasa dengan melakukan pertemuan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), jajaran SKPD serta insan pers liputan di Kabupaten Minahasa.

Setelah itu, tak tanggung-tanggung, Alumnus Lemhannas dan lulusan terbaik PIM 2 tingkat nasional ini tanpa kenal lelah langsung menjadwalkan agenda kunjungan lapangan dan melaksanakan pertemuan secara marathon dengan seluruh perangkat pemerintah di 25 kecamatan dan 227 desa yang tersebar di pelosok Kabupaten Minahasa.

Kunjungan kerja yang dilakukan terasa semakin akrab karena hampir di setiap agenda Bupati Kumendong yang juga diketahui sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut, turut didampingi sang istri tercinta Ny Djeneke Kumendong-Onibala SH. MSA yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK dan Ketua Dekranasda Kabupaten Minahasa.

Pada agenda pertemuan tersebut Bupati Kumendong langsung memfokuskan program kepemimpinannya dalam mengedukasi masyarakat agar menjaga persatuan dan kesatuan serta menciptakan suasana daerah yang aman, nyaman dan kondusif serta mewaspadai terhadap berbagai berita hoax yang beredar di berbagai media sosial.

Selain itu dia juga menekankan kearifan lokal seperti penggunaan bahasa daerah sebagai identitas diri dan kebanggaan warga Minahasa.

Hal ini kembali terus digaungkan Bupati Kumendong saat melakukan Safari Natal di berbagai desa yang ada di Minahasa.

Ia juga mengajak masyarakat untuk menyukseskan Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden yang akan digelar tanggal 14 Februari 2024.

“Hadapi pesta demokrasi ini dengan gembira dan hindari perselisihan karena perbedaan pilihan. Jaga persatuan dan persaudaraan serta kerukunan yang telah terbina selama ini sehingga menjadikan daerah kita aman, nyaman, kondusif dan bermartabat,” ujar Bupati Kumendong sembari mengutip Gubernur Sulut Olly Dondokambey, saat membawakan kesan dan pesan Natal Pemprov Sulut di Kabupaten Minahasa, bahwa sebagai orang percaya mari kita minta tuntunan roh kudus sehingga bisa memilih figur yang akan memimpin dengan baik bagi Bangsa dan Negara kedepan dan bisa memperhatikan kemajuan bagi daerah kita tercinta.

Ditahun 2023 ini, Bupati Kumendong berhasil melaksanakan dua kegiatan berskala lokal dan nasional serta internasional.

Pertama dalam rangka agenda rutin HUT Kabupaten Minahasa ke 595 pada tanggal 12 November 2023, berbagai kegiatan berhasil digelar dan masyarakat dari pelbagai kecamatan di Minahasa yang tumpah ruah di kompleks kawasan Stadion Maesa Tondano larut dalam suasana kegembiraan menikmati berbagai kegiatan dan hiburan yang disajikan.

Baca juga:  Tomohon Terima Dua Award dari Kemendikbud Ristek

Pada momen ini, juga terpantau suasana sidang Paripurna DPRD Kabupaten Minahasa dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke-595 yang dilaksanakan di Gedung Wale Ne Tou, Tondano, Senin (06/11) berlangsung khusyuk dan penuh khidmat dalam suasana adat dan budaya Minahasa.

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Stani Kumendong MSi dilantik dan dikukuhkan sebagai Tonaas, tokoh adat dan budaya Minahasa sebagai Pimpinan Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM).

Hal ini dipastikan karena Bupati Minahasa secara ex officio menjadi Pimpinan Majelis Kebudayaan Minahasa (MKM).

Musyawarah Adat dipimpin langsung oleh tokoh MKM, mantan Bupati Minahasa Dr Royke O. Roring MSi, bersama 9 (sembilan) Ketua Pakasaan Tanah Minahasa masing-masing Toulour, Tombulu, Tonsea, Tontemboan, Tonsawang, Pasan, Ponosakan, Batik, dan Babontehu.

Pelantikan dan Pengukuhan adat budaya tersebut, ditandai dengan Pengukuhan Tawaang, pemasangan topi dan ikat pinggang pakaian adat Minahasa untuk Pejabat Bupati.

Diketahui hal ini merupakan prosesi kebanggaan bagi Suku Minahasa dalam kegiatan adat dan budaya Minahasa.

Pada momen tersebut juga dilakukan prosesi pemberian Kotak Siri Pinang kepada sangat istri yang juga merupakan Ketua TP-PKK Minahasa. Siri Pinang memiliki pengertian agar sang istri membantu dengan ketulusan dan kerelaan kepada suami sebagai Tonaas dalam ikatan adat budaya.

Kemudian ada agenda nasional berskala internasional yang digelar di Minahasa berupa kompetisi olahraga air Minahasa Wakefest 2023 di Danau Tondano, yang diketuai oleh tokoh generasi muda, Rio Dondokambey.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh International Wakeboarding and Wakesurfing Federation (IWWF) tersebut berlangsung meriah dengan hadirnya atlet-atlet wakeboarding dan wakesurfing dari tujuh negara. Adapun ketujuh negara tersebut adalah China, Hong Kong, Indonesia, Jepang, Singapura, Taiwan, dan Thailand.

Menariknya, Minahasa Wakefest 2023, bagi warga Minahasa menjadi “panggung” untuk memperkenalkan keharmonisan budaya, produk kriya, kuliner, serta keindahan alam yang dibanggakan.

Pasalnya, pada gelaran yang dibuka oleh Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey tersebut disediakan area khusus untuk masyarakat Minahasa, khususnya pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk menghadirkan produk kriya serta pangan lokal.

Kegiatan ini bisa dikatakan luar biasa dan meninggalkan kesan yang sangat mendalam bagi pesertanya, terkait keramahan warga Minahasa dan suguhan keindahan lokasi serta atraksi budaya dan kuliner yang ditampilkan.

Namun di samping itu, Bupati Kumendong juga diperhadapkan dengan adanya potensi masalah yang sangat rawan terhadap kondisi dan stabilitas daerah dengan peristiwa kerusuhan berbau SARA yang terjadi di kota Bitung pada tanggal 25 November 2023.

Baca juga:  Siapkan Konsep Digitalisasi Dinas Perdagangan Minahasa Bakal Pasang Server di Pasar

Bentrokan antar Ormas Adat dan Ormas Agama memakan korban jiwa. Permasalahan menyasar Minahasa dikarenakan sang korban merupakan tokoh adat asal Minahasa yang bermukim di Tondano.

Bupati Kumendong langsung standby dan melaksanakan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, diantaranya TNi dan Polri, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan.

Selain itu langkah persuasif juga terus dilakukan dengan menghadiri ibadah pemakaman serta berkomunikasi aktif dengan keluarga korban dan berbagai tokoh masyarakat adat sehingga potensi kerusuhan bisa diredam dan daerah Minahasa tetap aman dan kondusif.

“Bersyukur kepada Tuhan daerah Minahasa dijauhkan dari hal-hal yang buruk. Saya memberikan apresiasi kepada seluruh aparat dan pihak-pihak terkait yang sudah berperan aktif menjaga daerah kita tercinta Minahasa tetap kondusif dan aman,” ungkap Bupati Kumendong.

Salah satu hal menarik, sejak dilantik menahkodai Kabupaten Minahasa, karakter Bupati Kumendong yang merupakan seorang Penjabat Birokrat sangat terlihat di wajah Pemerintah Kabupaten Minahasa. Berbagai perubahan situasi dan kondisi jelas terlihat pada sistem pemerintahan.

Keberadaan Bupati Kumendong sebagai anak daerah yang dibesarkan dan mengenyam pendidikan di Kakas sejak SD, SMP dan SMA, membuat dirinya mengenal persis karakter dan budaya warga Minahasa yang terkadang keras namun bisa diatur sesuai aturan yang ada.

Perlahan namun pasti aturan terus diberlakukan, kantor Bupati pun terlihat makin berwibawa.

Tak lupa dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab yang sangat padat, Bupati Kumendong memiliki trik menjaga kebugaran dengan berolahraga jogging setiap pagi serta bermain tenis meja di malam hari saat waktu senggang.

Rutinitas yang telah dilakukan sejak belasan bahkan puluhan tahun yang lalu.

Bupati Djemmy Kumendong Irup HUT Minahasa bulan November

Mengakhiri tahun 2023 Bupati Kumendong melaksanakan tugasnya dengan menyerahkan bantuan sosial kepada sejumlah keluarga korban bencana kebakaran di kantor Bupati Minahasa, Sabtu (30/12/2023). Dan pada hari terakhir di tahun ini Minggu (31/12/2023),

Bupati Kumendong beribadah bersama jemaat GMIM Betlehem Tataaran.

“Saat ini kita telah merayakan Hari Natal dengan damai dan penuh sukacita iman dan kini kita akan mengakhiri tahun 2023 dengan tuntunan Tuhan. Memasuki tahun 2024 mari kita jadikan momentum ini untuk menjadi lebih baik lagi. Apa yang masih dirasa kurang ditahun sebelumnya mari kita perbaiki di tahun ke depan. Tentunya dengan berusaha sebaik-baiknya dan memohon pertolongan, perlindungan dan tuntunan Tuhan Yang Maha Kuasa. Atas nama Keluarga Kumendong – Onibala dan Pemerintah Kabupaten Minahasa, Saya menyampaikan Selamat Menyambut Tahun Baru 1 Januari 2024. Pakatuan Wo Pakalawiren,” tutup Penatua Dr Jemmy Stani Kumendong MSi. (*)

Terry Lumentut

Related posts