Jeand’arc Karundeng: Ini Tujuan Puspaga

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Staf Ahli Wali Kota Tomohon Bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan drg Jeand’arc Senduk Karundeng, mewakili Walikota Tomohon, membuka kegiatan  Penguatan Kapasitas Pengurus Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga) bertempat di Aula Panti Asuhan Nazaret, Senin (4/12/2023).

Dikatakan Jeand;arc, Puspaga adalah tempat pembelajaran untuk meningkatkan kehidupan dan ketahanan keluarga menuju keluarga sejahtera yang dilakukan oleh tenaga profesi melalui peningkatan kapasitas orang tua/ keluarga atau orang yang bertanggung jawab terhadap anak dalam menjalankan tanggungjawab mengasuh dan melindungi.

“Sehingga anak tercipta kebutuhan akan kasih sayang, kelekatan, keselamatan dan kesejahteraan yang menetap dan berkelanjutan demi kepentingan terbaik anak, termasuk perlindungan dari kekerasan, eksploitasi, perilaku salah dan penelantaran,” ujar Jeand’arc.

Baca juga:  Kumendong Minta Masyarakat Kalasey Dua Jaga Falsafah Sitou Timou Tumou Tou

Tujuan Puspaga, kata Jeand’arc, memberikan layanan secara gratis sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan keluarga dalam mengasuh dan melindungi anak.

“Serta terciptanya rujukan pengasuhan, pendidikan, kesehatan, perlindungan bagi anak dan orangtua/keluarga untuk menunjang tumbuh kembang anak secara optimal,” tukasnya.

Wali Kota Tomohon Caroll J A Senduk SH yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut menandaskan pentingnya kegiatan ini.

“Harapannya ke depannya anak-anak sebagai bagian dari generasi muda akan dapat berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.” tukas Wali Kota.

Atas nama Pemerintah Kota Tomohon, pribadi dan keluarga Wali Kota menyampaikan selamat menyambut Natal dan selamat menyongsong tahun baru kepada segenap Jajaran Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, bersama segenap unsur Panti Asuhan yang ada.

Baca juga:  Wali Kota Tomohon Dampingi Gubernur Sulut di Woloan

Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dr Olga Karinda M Kes mengatakan Puspaga merupakan bentuk layanan pencegahan di bawah koordinator Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai wujud kepedulian pemerintah meningkatkan kehidupan keluarga dan ketahanan keluarga melalui program yang ada.

Terry Lumentut

Related posts