Terkait Rencana Pembangunan Puskesmas Model Ini Penjelasan Camat Tobar

Camat Tomohon Barat Velty Kapoh saat diwawancarai mediarealita.com

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Terkait rencana pembangunan Puskesmas Model di Kelurahan Tara Tara Satu, Kecamatan Tomohon Barat yang sempat menuai polemik, Camat Tomohon Barat Velty Kapoh SH memberikan penjelasan.

Kapoh mengatakan tahun 2024 pihak Kementerian Kesehatan RI akan membangun Puskesmas Model.

“Saat ini dari Dinas Kesehatan dan Pemerintah Kecamatan sementara mensosialisasikan program tersebut kepada masyarakat,” ujar Kapoh kepada mediarealita.com, Kamis (23/11/2023).

Jika terealisasi, kata Kapoh, Puskesmas Model ini baru satu – satunya di Sulut.

“Informasi anggaran sebesar 9,2 Miliar untuk pembangunan dan dan alat kesehatan,” ujarnya.

Baca juga:  Dipimpin Ketua WKI Rayon Tomohon Wali Kota Caroll Senduk Ibadah Pagi di GMIM Eben Haezer Woloan

Perihal lahan yang direncanakan akan dijadikan lokasi pembangunan, Kapoh enjelaskan pihaknya sudah melakukan pertemuan mediasi dengan pihak LPM, tokoh masyarakat, tokoh agama serta stakeholder terkait.

“Dan hasil kesepakatan sudah dituangkan dalam berita acara,” ucapnya.

Diakuinya, diawal masyarakat menolak dengan alasan di Tara Tara sudah ada Puskesmas, kemudian lahan yang akan dijadikan lokasi pembangunan adalah lahan yang dibe,li oleh masyarakat secara mapalus guna dijadikan lapangan olahraga.

“Namun setelah dijelaskan tentang apa itu Puskesmas Model mereka bisa menerimanya,” tuturnya.

Terkait lokasi lahan yang dibeli oleh masyarakat untuk dijadikan lapangan, sesuai kesepakatan akan dicarikan lokasi lain.

Baca juga:  Jaga Keselamatan Hukum Tua Rina Lintang: Hindari Area Berikut Ini

“Saya mengimbau kepada masyarakat agar pelaksanaan progra ini dapat diterima karena dampaknya nantinya dirasakan oleh masyarakat. Pemerintah akan tetap mencarikan lokasi baru untuk lapangan olahraga bagi masyarakat. Sebab pada dasarnya baik kesehatan maupun olaharaga tidak dapat dipisahkan. Sama – sama sangat penting bagi masyarakat,” kuncinya.

Terry Lumentut

 

Related posts