Peningkatan APIP Penting Guna Wujudkan Good Governance dan Clear Governance

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH, menghadiri sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan Kapabilitas Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), bertempat di Luwansa Hotel and Convention Center Manado, Kamis (9/11/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan 6-10 November 2023 yang diikuti oleh seluruh Jajaran Inspektorat Daerah Kota Tomohon.

Narasumber lainnya Lusiana Selly Kopong SE, ME, selaku auditor ahli muda Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara dan Ibu Annisa Nur Riswandhana A.Md.A.P.J. selalu Auditor Terampil Badan pengawas Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara.

Baca juga:  Sudah Bulan ke- 6 BLT Disalurkan buat KPM Desa Teling

Dikatakan Wali Kota Tomohon peningkatan kapabilitas APIP dalam hal ini Inspektorat Daerah Kota Tomohon sangat penting dalam mewujudkan good governance and clean governance.

“Hal ini berdasarkan ketentuan dalam pasal 380 Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menyatakan bahwa Inspektorat mempunyai tugas membantu kepala daerah dalam melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap perangkat daerah,” ujar Caroll Senduk.

Dalam mewujudkan peran APIP secara efektif maka Inspektorat Daerah Kota Tomohon melakukan pembinaan dan pengawasan melalui kegiatan audit/pemeriksaan, review, evaluasi, monitoring dan kegiatan pengawasan lainnya.

Baca juga:  Pelaksanaan Ibadah HUT ke- 192 PI dan PK GMIM Sukses, Bupati ROR Ungkap Rasa Syukur

“Dengan adanya pembinaan dan pengawasan yang dilakukan inspektorat bertujuan untuk meningkatkan akuntabilitas, transparansi, efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan,” tukasnya.

Turut hadir Inspektur Kita Tomohon Jeane Bolang SH, MH.

Related posts