Bupati Jemmy Kumendong Irup HUT ke- 595 Kabupaten Minahasa Tahun 2023

TONDANO, MEDIAREALITA.COM – Penjabat (Pj) Bupati Minahasa Dr. Jemmy Stani Kumendong M.Si bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dalam rangka Hari Jadi Minahasa Ke-595 Tahun 2023, bertempat di halaman Kantor Bupati Minahasa, Senin (06/11/2023).

Mengawali sambutannya, Pj, Bupati Jemmy Kumendong mengajak semua peserta upacara untuk bersyukur di momen HUT ke- 595 Kabupaten Minahasa.

“Sebagaimana tema “Minahasa Melaju Semakin Hebat,” 595 tahun kita lewati dengan beragam dinamika sehingga harus diakui gambaran Minahasa saat ini merupakan kontribusi dari sinergitas segenap stakeholder yang ada sepanjang perjalanan sejarah pembangunan,” ujar Kumendong.

Momentum bersejarah ini juga, kata Kumendong, menjadi pengenangan akan kerja dan pengorbanan dari tou minahasa dari masa ke masa bahkan kekayaan budaya yang telah turut memberi warna dalam catatan bersejarah perjalanan panjang Minahasa.

“Maka kewajiban kita saat ini untuk berkontribusi dalam pembangunan Minahasa tercinta. lembar demi lembar sejarah dalam perkembangan kabupaten Minahasa,” tuturnya.

Kata Kumendong, dinamika perkembangan masyarakat terus berlanjut menuju percepatan pembangunan di kabupaten Minahasa yang berjalan cukup pesat, apa yang telah di raih hingga memasuki usia ke 595.

“Menjadi ucapan syukur dan menguatkan komitmen pemerintah daerah untuk terus maju, kabupaten Minahasa terus berbenah dan tak lepas dari tantangan yang selalu ada, ibarat kapal yang telah jauh mengarungi lautan tantangan ombak dan badai yang di hadapi menjadikan kabupaten Minahasa menjadi kapal yang tangguh dalam mengarungi lautan,” ujarnya.

Baca juga:  Songsong Paskah Berikut Imbauan Hukum Tua Tulap

Sebagai masyarakat lanjut Jemmy Kumendong, wajib bersyukur dengan menjadikan hari jadi kabupaten Minahasa sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi.

“Lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja produktif demi meraih cita – cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik,” tukas dia.

Sebagai generasi penerus Kumendong mengajak seluruh komponen Minahasa menjadikan sejarah sebagai sebuah untaian peristiwa penuh makna dan hikmah, lalu dari sejarah kehidupan pemerintahan dan pembangunan Minahasa.

“Selama ini kita bisa memetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dan dinamika tersendiri sesuai era dan zamannya,” kata Kumendong.

Kepada pendahulu dan para pendiri (founding father) kabupaten Minahasa, rasa cinta dan rasa memiliki terhadap kabupaten minahasa hendaknya terpatri dalam dada, tercermin dalam sikap dan terwujud dalam laku setiap diri pribadi masyarakat.

“Rasa cinta dan bangga terhadap daerah ini harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ikhlas dan kerja cerdas sesuai dengan potensi dan profesi kita masing masing sehingga tidak hanya ada dalam tataran kognisi dan retorika tapi menjelma dalam implementasi dan karya nyata,” tandas Kumendong.

“Spirit inilah yang menjadi alasan kuat sehingga pemerintah daerah kabupaten Minahasa dapat menjadikan “minahasa melaju semakin hebat” hendaknya menginspirasi semua pihak untuk bersama sama mengukir dan memaknai sejarah kehidupan dan kebangkitan kembali kabupaten minahasa dalam rangka meraih kemajuan, kemandirian dan kemartabatan masyarakatnya,” imbuhnya.

Baca juga:  Kapolres AKBP Sophian Hadiri 'Jumat Curhat' di Kampung Jawa

Kumendong juga mengajak kepada segenap masyarakat untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap daerah kita. Sehingga rasa cinta itu kepada keluarga kita, kepada masyarakat kita. refleksikan cinta tersebut dengan kerja-kerja nyata kita untuk kabupaten minahasa. jaga selalu keamanan dan kedamaian tempat kita berpijak, jaga selalu semangat persatuan dan kesatuan kita.

“Akhirnya, kami menyampaikan selamat merayakan hari jadi ke-595 kepada pemerintah dan segenap masyarakat kabupaten minahasa dengan harapan dan doa semoga menjadi momentum terbaik untuk menjadikan minahasa semakin maju dan sejahtera,” tutupnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan Lanching Aplikasi Satu Layanan Sistem Informasi Kepegawaian (SLANK) SINIKE, BPKSDM Kabupaten Minahasa, TITISAN Strategi Pelayanan Pelayanan Adminduk melalui TITISAN Minahasa, SI-TUAMA Sistem Informasi Terintegrasi Umum Administrasi andalan Minahasa Asisten Bidang Administrasi Umum, SIMPEL E-KIR Sistem Informasi Pelayanan Elektronik KIR Dinas Perhubungan dan SILAJU Sistem Layanan Rujukan Perlindungan dan Jaminan Sosial oleh Dinas Sosial.

Upacara  dihadiri seluruh Organisasi Perangkat Derah (OPD) dan jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, dengan mengunakan pakaian adat Minahasa

 

Terry Lumentut

Related posts