Bupati Jemmy Kumendong Tekankan Pengelolaan Dana Desa Sesuai Panduan

MANADO, MEDIAREALITA.COM – Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy S. Kumendong MSi, Senin (16/10) sore di hotel Peninsula Manado, memberikan materi kepemimpinan terhadap para Hukum Tua dan perangkat desa di Kabupaten Minahasa.

Kegiatan bertajuk Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kemendagri dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Utara.

Bupati Kumendong memberikan materi kepemimpinan kali ini sudah memasuki tahap kedua yang dibagi dari seluruh desa di kabupaten Minahasa.

Pada kesempatan tersebut Bupati Kumendong memaparkan terkait Undang Undang Desa, pengelolaan Dana Desa yang wajib dilaksanakan sesuai panduan, kapasitas Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat serta kepemimpinan di desa yang sedikit banyak dipengaruhi oleh lokal wisdom.

“Jadi ada norma-norma standar, adat istiadat yang berlaku sesuai aturan berlaku yang selanjutnya dipertahankan menjadi nilai budaya. Selain itu ada pelestarian bahasa daerah. Apakah itu bahasa Tombulu, Tolour, Tonsea dan Tountemboan. Itu merupakan kearifan lokal yang baik dipertahankan dan memperjelas identitas kita sebagai orang Minahasa,” jelas Bupati Kumendong.

Pada kesempatan itu Kumendong mengecek desa-desa yang belum terjangkau internet untuk dicarikan solusinya.

Menurutnya, desa-desa yang memiliki akses jaringan internet digitalisasi akan lebih efisien penyelenggaraan pemerintahan.

“Sehingga masyarakat akan menilai kapasitas pemimpin yang baik sehingga bisa dipilih kembali,” tutup Bupati Kumendong.

Ada juga sesi dialog terkait persoalan yang ada di desa. Dan mencuat ke permukaan antara lain lahan pekuburan desa Sea, status kependudukan masyarakat di desa Kayuuwi Satu dan jalan penghubung di desa Tempang Langowan Utara dan Barat, tunjangan BPD yang dinilai masih rendah, juga terkait digital di desa Kanonang Satu.

Sejumlah persoalan itu oleh Kumendong akan segera ditindaklanjuti dengan membahas bersaa instansi terkait serta pemerintah kecamatan.

Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemprov Sulut Darwin Muchsin, Kepala Bidang Jones Oroh, para Hukum Tua dan perangkat desa yang ada di Kabupaten Minahasa.(*)

 

Terry Lumentut

Related posts