VaSung Terjunkan Tim Bagikan Ribuan Masker ke Warga Terdampak Kebakaran TPA Sumompo

MANADO, MEDIAREALITA.COM –  Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo, Kecamatan Tuminting, Kota Manado, Sulawesi Utara telah berlangsung 3 (tiga) hari sejak Minggu (01/10/2023).

Tim Pemadam Kebakaran secara terus menerus mengerahkan 9 unit Damkar, guna meminimalisir meluasnya kebakaran sampai di pemukiman masyarakat.

Read More

Meski demikian besarnya kepulan asap berdampak pada terganggunya warga dalam hal pernafasan.

Baca juga:  Lynda Watania Narsum Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa Tahun 2023 di Kecamatan Langowan Selatan

Untuk itu, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Vanda Sarundajang (VaSung) langsunf menurunkan tim untuk turut membantu masyarakat pekerja maupun yang bermukim di sekitar TPA Sumompo.

Tim VaSung bersama Gerakan Pramuka Peduli Kwarda Sulut membagikan ribuan masker kepada pekerja TPA dan masyarakat sekita.

Koordinator Tim VaSung Sulawesi Utara Torry Kojongian didampingi Koordinator Tim VaSung Kota Manado Meppy Manuhutu yang memimpin langsung aksi sosial, Selasa (03/10/2023), menyampaikan kegiatan ini sebagai wujud empati VaSung kepada masyarakat terdampak.

“Ibu VaSung merasa wajib turun untuk beri bantuan karena musibah kebakaran pasti tidak diinginkan apalagi TPA memperkerjakan banyak masyarakat, dan sangat penting adalah dampak asap bagi kesehatan manusia,” ucap Torry Kojongian.

Baca juga:  Lembaga Pemasyarakatan Tondano Canangkan Lapas Bersinar

Di lokasi Tim VaSung bertemu dengan Wali Kota Manado Andrei Angouw yang meninjau didampingi Kadis LH Manado Franky Porawouow.

Wali Kota Andrei Angouw sangat memberi atensi serius terhadap peristiwa kebakaran di TPA.

“Menurut pak Wali Kota Andrei Angouw, kebakaran dipicu panas ekstrim serta akibat tingginya gas metan yang berada di bawah tumpukan sampah. Jadi kapanpun dia bisa terbakar seperti ini,” ujar Torry mengutip perkataan Wali Kota.

 

Terry Lumentut

Related posts