Antisipasi Karhutla, Kebakaran Rumah dan Musim Kering, Ini Imbauan Pemkot Tomohon

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Mewaspadai musim kemarau Juni – Agustus dengan titik panas (Hot spot) antara lain di wilayah pulau Jawa, Sumatera dan Sulawesi, Pemerintah Kota Tomohon di bawah kepemimpinan Wali Kota Caroll J. A. Senduk SH dan Wakil Wali Kota Wenny Lumentut SE mengeluarkan imbauan kepada seluruh masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), kebakaran rumah pemukiman serta ancaan kekeringan.

Surat imbauan yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon Edwin Roring SE, ME tertanggal 25 Agustus 2023 itu menginstruksikan kepada Camat dan Lurah dimintakan pro aktif terus mensosialisasikan baik di acara suka maupun duka, melalu pengeras suara maupun di tempat – tempat ibadah.

Read More
Baca juga:  Wenny Lumentut Hadiri Pentahbisan Gereja Katolik Salib Suci Stasi Tondangow

Masyarakat diminta untuk tidak melakukan pembakaran saat membuka atau membersihkan lahan dan pekarangan rumah, tidak membuang puntung rokok sembarangan,  meminimalisir penggunaan lilin di dalam rumah.

Untuk keemanan di dalam rumah warga dimintakan dapat memastikan keamanan tabung gas sebelum digunakan, mematikan kompor jika tidak digunakan, mematikan/memutus semua jaringan listrik jika hendak keluar rumah, pun engganti komponen listrik yang sudah dimakan usia sesaui anjuran instansi berwenang.

Sementara untuk mengatasi kekeringan, masyarakat diimbau menggunakan air seperlunya sesuai kebutuhan dan melaporkan apabila menemukan pipa air yang bocor.

Baca juga:  Wali Kota Tomohon Harap ke Depannya Seluruh Kelurahan Dapat Penghargaan Sadar Hukum

Jika terjadi sesuatu yang bersifat urgensif/darurat warga diminta untuk menghubungi call center 112 yang melayani 2 X 24 jam.

 

Terry Lumentut

Related posts