Caroll – Wenny Pimpin Toast Kenegaraan

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk SH didampingi Ketua TP-PKK Kota Tomohon drg. Jeand’arc Senduk- Karundeng dan Wakil Wali Kota Tomohon Wenny Lumentut SE didampingi Sekretaris TP-PKK Kota Tomohon Eleonora Lumentut- Sangi memimpin Tos kenegaraan, bertempat di rumah dinas Wali Kota Tomohon, Kamis (17/8/2023), dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 78 Tahun, 17 Agustus 2023.

Membawakan sambutan Wali Kota Caroll Senduk menuuturkan negara Indonesia sama – sama dicintai telah menjalani perjalanan panjang sejak deklarasi kemerdekaannya.

“Perjuangan dan pengorbanan para pahlawan telah membawa kita hingga pada titik ini. Kita memiliki tanggung jawab bersama untuk mewujudkan cita-cita bangsa, membawa Indonesia lebih maju dan sejahtera,” ujar Caroll Senduk.

Dalam semangat tema “terus melaju untuk Indonesia maju,” kata Wali Kota, seluruh anak bangsa diingatkan untuk tidak berhenti berusaha, tidak berhenti berinovasi, dan tidak berhenti bersatu, demi mencapai kemajuan yang lebih besar.

“Tema ini bukan hanya sekadar rangkaian kata, tetapi merupakan panggilan kepada kita semua untuk terus bergerak maju, meneruskan perjuangan yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita demi mencapai cita-cita luhur bangsa: memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” urainya.

Lanjutnya, peringatan hari Kemerdekaan ini tidak hanya sekadar seremoni formal, tetapi momen yang mengingatkan tentang nilai-nilai dan semangat perjuangan yang telah ditanamkan oleh para pejuang kemerdekaan.

“\Melalui perjuangan mereka, kita memperoleh hak istimewa untuk hidup dalam suatu negara yang merdeka dan berdaulat. Namun, Kemerdekaan itu sendiri tak cukup. Kita harus memastikan bahwa kita memanfaatkannya dengan bijak untuk memajukan negeri ini, mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif, meningkatkan kualitas pendidikan, dan menciptakan keadilan sosial bagi seluruh lapisan masyarakat,” papar Wali Kota.

Baca juga:  HUT ke- 172 GMIM Imanuel Tara Tara bagi Wali Kota Caroll Senduk Sangat Luar Biasa

Sebagaimana para pahlawan melawan penjajah demi masa depan yang lebih baik, demikian pula saat ini, generasi saat ini memiliki peran penting dalam membangun bangsa.

Imbuhnya, langkah yang diambil hari ini akan mempengaruhi kualitas hidup generasi mendatang.

“Pendidikan yang kita berikan, lingkungan yang kita jaga, serta kontribusi dalam pembangunan ekonomi dan sosial, semuanya adalah bagian dari perjuangan kita untuk mengisi kemerdekaan. Sesuai dengan pesan bijak bung Karno: “hidup bukanlah tentang ‘aku bisa saja’, namun tentang ‘aku mencoba’. jangan pikirkan tentang kegagalan, itu adalah pelajaran.” Pesan ini mengajarkan kita untuk tidak hanya berusaha keras, tetapi juga menjalani hidup dengan penuh semangat dan antusiasme,” tukasnya.

“Jadikanlah pesan ini sebagai inspirasi dalam setiap langkah kita menuju Indonesia yang lebih maju dan adil. Selama kita mengisi Kemerdekaan hingga saat ini, kita semua telah memberikan dukungan penuh dalam pembangunan bangsa dan daerah,” katanya lagi.

“Telah terbukti bahwa dengan kerja keras dan kebersamaan, kita berhasil memastikan perekonomian di daerah tetap bertumbuh; menciptakan peluang kerja; dan meningkatkan kesejahteraan kita semua. Keberhasilan ini merupakan buah dari sinergi antara pemerintah dan masyarakat, dalam membangun fondasi yang kokoh bagi pembangunan berkelanjutan,” tambahnya.

Wali Kota optimis dengan semangat gotong royong dan sinergitas yang kuat, kita akan mampu mengatasi setiap tantangan dan mewujudkan Indonesia yang maju, makmur dan sejahtera.

Baca juga:  Wali Kota Caroll Senduk Serahkan LKPD Unaudited Tahun Anggaran 2023 kepada BPK

“Begitu juga, membuat kemajuan di daerah Sulawesi Utara. Mari terus melaju, kita bergandengan tangan, meneruskan perjuangan para Pahlawan, dan jadikan negeri ini sebagai tempat di mana keberagaman kita menjadi kekuatan dan keadilan serta kemajuan menjadi tonggak utama dalam membangun bangsa,” tandasnya.

Dengan semangat Kemerdekaan yang menyala dalam hati, Wali Kota mengajak semua untuk berkomitmen terus mengabdi, bersinergi membangun negeri dengan penuh dedikasi, dan mewujudkan cita-cita besar bangsa, menuju Indonesia maju.

Sebelum melakukan Tos kenegaraan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon menyalakan lilin HUT ke- 78 RI.

Dengan mengangkat gelas diikuti oleh seluruh undangan, harapan yang dilontarkan penuh semangat oleh Walikota Tomohon “Indonesia hidup, Sulut Hidup, Tomohon hidup, Merdeka !,” dan diserukan “Merdeka!” oleh para undangan.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Tomohon Drs. Johny Runtuwene, DEA, Kajari Tomohon Alfonsius Gebhard Loemau SH MH, Kapolres Tomohon AKBP. Lerry Tutu, SIK, MM bersama istri, Perwakilan Dandim 1302 Minahasa Kasdim Mayor Inf Vino Onibala, Korwil BIN Tomohon Ahmad Firgaus, Sekretaris Kota Tomohon Edwin Roring SE ME bersama istri, Direktur IPDN Kamus Sulut Dr.Arnold Poli MAP, ketua Panitia HUT RI ke-78 kota Tomohon Masna Pioh S.Sos, Ketua Presidium BKSAUA Kota Tomohon Pdt. Joice Sondakh, tokoh masyarakat, tokoh agama, Pejabat Eselon II dan III di lingkup Pemkot Tomohon, para Camat dan Lurah se-Kota Tomohon, putra-putri Paskibra Kota Tomohon, para pejuang Kota Tomohon dan orangtua Paskibra.

Terry Lumentut

Related posts