Ketua DPR RI Puan Maharani Buka Tournament of Flower 2023

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – ToF (Tournament of Flower) atau parade kendaraan hias sebagai agenda utama TIFF (Tomohon International Flower Festival) 2023 digelar, Sabtu (12/8/2023).

Parade kali ini dibuka secara resmi Ketua DPR RI Dr (HC) Puan Maharani S. Sos ditandai dengan pemukulan tambur tarian kabasaran.

Read More

Rangkaian TIFF 2023 yang dilaksanakan 8 – 12 ini bertemakan “Walking Together, Rising Together” dilaksanakan ke 11 kalinya dari tahun 2008, dan sudah masuk dalam kalender of event ini mengambil start dari hanggar yang berlokasikan di Show Window dan finish di Stadion Babe Palar Kota Tomohon.

Ketua DPR RI Dr (HC) Puan Maharani S.Sos membawakan sambutan pembukaan ToF 2023 di Kota Tomohon

Turut hadir para duta besar dan perwakilan negara sahabat, unsur Pejabat Kementerian Lembaga dari pusat dan dearah, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE bersama Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw, para Kepala dan Wakil Kepala Daerah di Indonesia, unsur BUMN dan BUMD, para tokoh agama dan masyarakat.

Parade disaksikan juga secara langsung dan daring oleh masyarakat.

Ketua Panitia TIFF 2023 yang juga Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Utara Ir Ny Rita M Dondokambey – Tamuntuan mengatakan kegiatan ini bukan hanya parade kendaraan hias tapi merupakan panggung kebudayaan dan promosi pariwisata Kota Tomohon serta momen kebangkitan industri pariwisata Indonesia.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE embawakan sambutan

“Selamat menikmati keseruan TIFF 2023, selamat menyaksikan parade kendaraan hias terbaik di Indonesia. Mari kita melangkah bersama dan bangkit bersama,” ucapnya.

Baca juga:  Berhasil terapkan Sistim Merit dalam Manajemen KASN Pemkot Tomohon Terima Penghargaan

Wali Kota Pasadena California Victor Gordo menyatakan rasa bangga mendapat kabar dari Wali Kota Tomohon saat hadir bersama istri tercinta dalam kegiatan rose parade Pasadena awal tahun ini yang menyampaikan juga tentang keberhasilan penyelenggaraan TIFF di tahun sebelumnya.

“Dan kami dengan penuh suka cita untuk kembali menyampaikan dukungan kami dan doa terbaik kami tahun ini untuk suksesnya TIFF 2023. Kami rakyat dan Kota Pasadena menantikan kesempatan untuk berjalan bersama dan bangkit bersama dengan Tomohon,” ujarnya.

Wali Kota Tomohon Caroll J. A. Senduk SH menyampaikan gelaran TIFF 2023 melibatkan seluruh potensi masarakat di Kota Tomohon khususnya dalam iven TOF di mana semua bunga yang digunakan untuk kendaraan hias adalah hasil dari para kelompok petani bunga di Kota Tomohon termasuk para dekorator dari masyarakat Kota Tomohon sehingga secara langsung juga menggerakan perekonomian masyarakat, dengan terserapnya hasil pertanian bunga dan tenaga kerja.

“Di samping itu multiplyer effect mempengaruhi sektor lainnya seperti hotel penginapan restoran cafe biro perjalanan wisata dan lainnya,” tukas Caroll Senduk.

Baca juga:  Musim Hujan Posumah Ingatkan Pedagang Jangan Buang Sampah di Got

Caroll Senduk berharap TIFF 2023 ini akan memberi manfaat besar bagi seluruh komponen masyarakat Kota Tomohon baik sebelum dan sesudah pelaknasaan TIFF 2023.

Sementara Gubernur Olly Dondokambey, atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Sulawesi utara mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas dukungan dari semua pihak khususnya para ambassador yang berkunjung ke Sulut sekitar 42, khususnya di Kota Tomohon.

“Terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Kota Tomohon yang terus menjaga keharmonisan di Kota Tomohon sehingga sangat sangat mendapat perhatian dari lembaga untuk mempredikat Kota Tomohon sebagai Kota Toleran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutur Gubernur Olly.

Lanjutnya, para tamu dari luar Sulut yang datang menikmati keindahan Kota Tomohon dan Sulut dan tentunya telah ikut memberikan sumbangsih yang sangat besar di Sulut dan Kota Tomohon.

Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan Festival Bunga Tomohon bukan sekedar pameran bunga, festival ini adalah refleksi dari keberagaman keindahan dan kekayanan alam Indonesia.

“Kota Tomohon harus selalu beberbenah diri dalam membangkitkan potensi pariwisata dalam menyambut wisatawan domestik dan mancanegara,” ucapnya.

Puan Maharani sangat berharap festival ini akan membawa Kota Tomohon yang kuat, Kota yang hebat, harmoni dan membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya. (Terry Lumentut) (Advertorial)

Related posts