Tingkatkan Kualitas Pelayanan Makanan dan Minuman Tim Lapas Tondano Ikut Pelatihan Jasa Boga

TONDANO, MEDIAREALITA.COM – Lembaga Pemasyarakatan Klas IIB Tondano di bawah pimpinan Yulius Paath, terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan makan dan minum bagi Warga Binaan Pemasyarakatan(WBP).

Salah satunya dengan mengikutkan Pegawai pada Pelatihan Penjamah Makanan dan Pengelola Jasa Boga Bagi Petugas Penyelenggara Makanan Pada Rutan/LPKA/Lapas secara Luring yang diselenggarakan oleh Direktorat Perawatan Kesehatan dan Rehabilitas, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI, Kamis(10/08/2023).

Kepala Subseksi Perawatan Daniel Lelewa bersama 2 orang staf mengikuti kegiatan pelatihan di Rutan/LPKA/Lapas yang berlangsung selama 1 (satu) hari.

Baca juga:  Wali Kota Caroll Senduk Serahkan LKPD Unaudited Tahun Anggaran 2023 kepada BPK

Materi yang disampaikan antara lain kebijakan Sertifikat Laik Hygiene Sanitasi pada Usaha Pangan Siap Saji, Keamanan Pangan Siap Saji dan Persyaratan Dasar, serta Sanitation Standard Operating Procedure (SSOP), Jaminan Keamanan Pangan, Pengambilan Sampel Pangan Siap Saji Sebagai Bank Sampel serta Sarana dan Bangunan.

Diakhir pelatihan juga dilaksanakan Post Tes untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta dalam memahami materi yang telah diberikan.

Pelatihan ini dimaksudkan sebagai upaya untuk memberikan pemahaman kepada para Petugas Dapur dan Pengelola Jasa Boga dalam rangka memberikan layanan terbaik sehubungan dengan penyelenggaraan Makanan di Rutan/LPKA/Lapas.

Baca juga:  Caroll Senduk Dijamu Wali Kota Pasadena

Adapun tujuannya adalah untuk meningkatkan profesionalisme dan kapabilitas Petugas Dapur dan Pengelola Jasa Boga dalam menyelenggarakan kegiatan mulai dari penerimaan bahan makanan, pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, persiapan peralatan, peracikan bahan makanan, pengolahan bahan makanan, penyimpanan makanan matang (siap saji) dan penyajian makanan serta pendistribusian makanan kepada Tahanan/Anak dan Narapidana di Rutan/LPKA dan Lapas.

Terry Lumentut

Related posts