Gelas Musdes Ronly Kerap Nilai Pengawasan Masyarakat Sangat Penting

KOMBI, MEDIAREALITA.COM – Hukum Tua Desa Tulap, Kecamatan Kombi Ronly Kerap menyampaikan betapa pentingnya fungsi pengawasan masyarakat terkait program – program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes).

“Karena apa yang dikerjakan oleh Pemerintah Desa merupakan usulan dari masyarakat melalui pemerintah di Jaga masing – masing,” ujar Ronly Kerap saat berlangsungnya Musyawarah Desa (Musdes), Selasa (02/082023), yang berlangsung di kantor Desa.

Pada kesempatan itu Kerap memaparkan sejumlah kegiatan yang sudah, sementara dan akan dikerjakan.

Mengingat sekitar 75 persen masyarakat adalah petani, Kerap berharap jalan – jalan akses perkebunan dapat terealisasi meskipun pekerjaannya berlangsung secara bertahap.

Baca juga:  Cegah Banjir, Hamka Naya Imbau Warga Tambala Tidak Buang Sampah di Saluran Air

Terkait program pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemdes Tulap, kata dia, tidak terpisahkan dengan RKPDes harus berpedoman pada RPJMDes.

“Terkceuali ada hal mendesak yang memang harus dilaksanakan,” ucapnya.

Sekali lagi ia mengajak setiap jaga menyampaikan apa yang menjadi keluhan atau prioritas kebutuhan di wilayah masing – masing untuk dijadikan pertimbangan dilaksanakan pada pembangunan tahun berikutnya.

“Selanjutnya terkait program yang akan dilaksanakan oleh Pemdes sebagai tindaklanjut dari aspirasi masyarakat, masyarakat pun wajib mensosialisasikan program – program itu agar diketahui oleh seluruh masyakat,” tandasnya.

Baca juga:  Adrian Ngenget Presentasikan Proyeksi Pembangunan SPAM di Hadapan Tim Teknis BPPW Dirjem Cipta Karya

Kegiatan Musdes dihadiri Camat Kombi Misye Kumontoy SS. MAP, unsur BPD, perangkat Desa, Pendamping Desa, TP PKK, tokoh masyarakat dan tokoh agama.

 

Terry Lumentut

Related posts