Kiat Bangun Gema Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tomohon Masuk Hingga ke Sekolah

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Tomohon menggelar konferensi pers terkait tupoksi yang difasilitasi pada sub bagian komunikasi pimpinan dan dipandu oleh Kabag Prokopim Christo Kalumata SSTP, selasa (27/06/2023).

Dijelaskan kadis Perpustakaan dan Kearsipan Julius Tumilantow,  pengelolaan arsip menjadi tugas masing – masing OPD.

“Tugas kami memberikan pendampingan tentang pengelolaan arsip,” terang Tumilantow.

Dirinya juga mengungkap tentang strategi pengembangan layanan perpustakaan sehingga diminati oleh masyarakat serta program perpustakaan keliling hingga ke lingkungan  sekolah – sekolah.

Untuk optimalisasi layanan, kata dia, pihaknya telah menghadirkan aplikasi perpustakaan terpadu didukung dengantenaga perpustakaan yang berpengalaman yang bisa membantu dalam teknik – teknik membaca yang baik.

Baca juga:  Watania Buka Kegiatan HUT ke- 78 Kemerdekaan RI Kecamatan Tondano Selatan

“Intinya kita akan terus membuat terobosan yang bisa menguntungkan masyarakat,” tukasnya.

Bahkan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, imbuhnya, akan mengusulkan Perda dan Perwako untuk lebih menjamin kenyamanan masyarakat.

Ia mengajak masyarakat penulis atau memiliki koleksi buku agar dapat membantu kebutuhan perpustakaan.

Perihal animo masyarakat untuk membaca, kata Tumilanow, saat ini sudah banyak yang datang ke perpustakaan untuk membaca atau mencari referensi buku dan bacaan.

“Kami bersinergi dengan perpustakaan Propinsi dan Nasional untuk meningkatkan gema membaca masyarakat. Kami juga akan mengundang masyarakat serta menpromosikan ini lewat kelurahan. Kami juga akan mengarsip lewat digital. kedepan arsip akan lewat digital,” urainya.

Baca juga:  Pimpin Ibadah bersama Jurnalis Tomohon Bunda Syanet Beber Lima Kunci Sukses

 

Terry Lumentut

Related posts