Diikuti Seribuan Peserta Wali Kota Caroll Senduk Buka Perkemahan Kwarcab Kota Tomohon

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Wali kota Tomohon Caroll J. A. Senduk SH selaku Majelis Pembimbing Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Tomohon menghadiri sekaligus membuka secara resmi perkemahan Kwarcab Kota Tomohon, bertempat di Bumi Perkemahan ‘Esa Genang,’ Kelurahan Tara Tara Dua, Kecamatan Tomohon Barat, Sabtu (17/06/2023).

membawakan sambutan Wali Kota mengungkapkan rasa bahagianya bisa melihat adik – adik akan berkemah di tempat ini.

Dikatakan Wali Kota banyak nilai yang bisa diperoleh oleh para peserta selama mengikuti perkemahan.

“Hal ini akan menambah ketrampilan yang nantinya akan diberikan oleh para kakak – kakak selama berkemah,” tutur Kak Caroll Senduk.

Perkembangan dunia dewasa ini, lanjut Wali Kota, merupakan tantangan tersendiri bagi generasi muda.

“Sehingga sangat dibutuhkan peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi persoalan tersebut dan sesuai dengan isi Tri Satya Gerakan Pramuka yakni menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat,” ucapnya.

Gerakan Kepramukaan, kata Kak Caroll, bertujuan membentuk kepribadian yang beriman, bertagwa, berakhlak dan beriman, mempunyai kecakapan, taat hukum dan disiplim.

“Maka dibutuhkan upaya inovatif secara sistimatis, terencana dan berkelanjutan,” tandasnya,

Harapannya perkemahan ini menjadi upaya pembentukan organisasi, sistim manajemen dan SDM yang mampu membangkitkan kepramukaan.

Baca juga:  Caroll Senduk Minta Anggota Korpri Perhatikan Hak dan Kewajiban

“Gerakan Pramuka adalah solusi pembangunan karakter dan watak pemuda yang berkepribadian dan berbudi pekerti luhur,” ucapnya

Selaku Majelis Pembimbing Kwarcab, Kak Caroll mengatakan akan berupaya memberi bantuan seoptimal mungkin terhadap kegiatan – kegiatan kepramukaan,

“Diharapkan kegiatan seperti ini akan berkelanjutan,” pintanya.

Ia mengapresiasi kepada Kwarcab Kota Tomohon, panitia serta semua pihak yang terlibat aktif sehingga perkemahan ini boleh berlangsung.

“Mari kita semua saling mendukung dan selamat berkemah,” tuturnya sambil berpesan kepada semua kakak –  kakak yang ada, dapat menjaga adik – adik peserta supaya perkemahan boleh berjalan dengan baik dan dalam penyertaaan Tuhan.

Sebelumnya, membawakan laporan, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kak Jeand’arc Senduk – Karundeng memaparkan perkemahan dapat dilaksanakan berkat kerjasama yang sangat baik seluruh jajaran pengurus Kwarcab dan panitia.

“Ini merupakan perkemahan terbesar pertama setelah lama vakum yakni perkemahan terakhir sekitar tahun 2015 silam,” ungkap Kak Jeand’arc.

Perkemahan akan berlangsung tanggal 16 sampai 23 Juni 2023.

Pemilihan waktu, kata Kak Jeand’arc sangat tepat mengingat berlangsung di masa liburan sekolah sehingga tidak menggangu aktifitas belajar siswa.

Untuk tema perkemahan kali ini, lanjutnya, ‘Greating a better world dan sub tema ‘HEBAT’ (Happines, Excellent, Blessfull,Amazing, Tenderness)

Baca juga:  Bupati ROR Nyatakan Duka Atas Berpulangnya Orang Tua Mantu Ketua BPMW Tondano Lima

Sementara untuk jumlah peserta perkemahan, imbuhnya, terdiri dari Penggalang SD 796 orang, Penggalang SMP sebanyak 322 orang, Penegak dan Pandega sebanyak 124 orang.

“Sehingga total yang ikut berkemah 1231 orang,” terangnya.

Peserta berasal dari 124 SD, 40-an SMP dan 10 SMA sederajat se- Kota Tomohon.

Demi kelancaran perkemahan, kata Kak Jeand’arc, terdapat 70 orang panitia 70 orang, pekerja cabang Laki – laki 45 orang, pekerja cabang perempuan 39 orang serta bantuan keamanan dari Kepolisian dan Linmas sebanyak 80 personil.

“Ini sangat luar biasa,” ucapnya.

Tak lupa kak Jeand’arc mengucapkan terima kasih kepada pemilik lahan yang dengan sukarela meminjamkan lahan untuk lokasi perkemahan.

Selolanjutnya dilakukan upacara dengan pembina Kak Caroll Senduk, dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta secara simbolis serta mengunjungi tenda.

Turut hadir Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulut diwakili Wakil Ketua Kwarda Bina Muda Kak Jeffry Mambu, ketua Harian Kwarcab Tomohon Kak Ventje Goni, Ketua Panitia perkemahan kak Edwin Roring SE, ME, Sekretaris Panitia Kak Albert Tulus SH, MAP, Pengurus Majelis Pembimbing Kwarcab, Majelis Pembimbing Ranting, Pengurus Ranting, jajaran Pemkot Tomohon, semua peserta perkemahan.

 

Terry Lumentut

Related posts