Kapolres Ketut Suryana Hadiri Ibadah HUT ke- 192 PI dan PK GMIM

TONDANO, EMDIAREALITA.COM –  Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana SIK, SH, MM, menghadiri ibadah syukur dalam rangka HUT ke 192 Pekabaran Injil PI) dan Pendidikan Kristen (PK) GMIM, yang dipimpin oleh Ketua BPMS GMIM Dr. Hein Arina, bertempat di Stadion Maesa Tondano, Minahasa, Senin (12/06/2023).

Ibadah diawali dengan ucapan selamat datang oleh Wakil Ketua Bid. Misi dan Hub. Kerja Sama BPMS GMIM Pdt. Adolf Wenas KatuukM.Th dilanjutkan laporan Panitia disampaikan oleh Ketua Umum Panitia Dr. Ir. Royke Oktavian Roring M.Si, IPU Asean Eng.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE dalam sambutannya mengungkapkan betapa besar kasih anugerah dan pimpinan Tuhan mendampingi perjalanan panjang gereja, para pimpinan dan jemaat GMIM mewartakan Injil-Nya.

“Selama hampir dua abad, GMIM telah menjadi pilar iman di wilayah Sulawesi Utara, menerangi jalan dalam kegelapan dan menginspirasi banyak orang hidup dalam kebenaran dan kasih Kristus,” ungkap Gubernur Olly.

Dalam perjalanannya, kata Olly, para penginjil dan jemaat perdana telah menghadapi tantangan berat, mengatasi kesulitan dan penderitaan.

“Tetapi tidak pernah menyerah namun selalu bangkit dari setiap kegagalan dan kekalahan, dipenuhi oleh terang kasih Tuhan, dan meneruskan tugas mulia ini,”ucap Gubernur.

Olly berharap momentum sukacita iman di hari ini, dapat semakin memperkuat komitmen jemaat sekalian untuk mempersembahkan karya pelayanan terbaik bagi keagungan nama Tuhan.

Baca juga:  Dihadiri 43 Dubes Menkumham Buka Pekan Olahraga Pemasyarakatan dalam Rangka HBP ke- 59

“Dan semoga, Tuhan Yesus Kristus senantiasa menyertai dan memberikan hikmat, akal budi dan kebijaksanaan serta kekuatan dalam setiap pelayanan yang dijalankan,” tukasnya.

Sebagai jemaat GMIM, lanjutnya, dapat mencontohi para pendahulu yang  telah memberikan teladan luar biasa pada pelayanan dan iman.

“Marilah kita belajar dari kesungguhan mereka, ketekunan mereka dalam doa, dan keberanian mereka dalam menyampaikan Injil di tengah tantangan yang berat. Kita harus mewarisi semangat mereka, menghidupkan kembali api kesalehan yang menyala di dalam hati kita,” ujarnya.

Ia mengajak warga GMIM tetap menjaga sinergitas dengan pemerintah guna membangun fondasi yang kokoh untuk masa depan Gereja dan daerah.

“Terlebih, mari kita berinvestasi dalam pendidikan Kristen yang berkualitas, melatih generasi muda untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan penuh kasih. Kita harus memberikan perhatian khusus pada pendidikan Pemuda, Remaja dan Anak-Anak, generasi emas pembangunan Gereja dan Bangsa, agar mereka tumbuh dalam iman yang kuat dan siap menghadapi dunia yang terus berubah,” tuturnya.

Menjelang Pemilu 2024, Gubernur mengajak menjadikannya sebaga momentum untuk mempererat tali persaudaraan sebagai umat Kristen.

Baca juga:  Wali Kota Tomohon Serahkan Santunan Duka Pemkot di Walian

“Dan sebagai momentum untuk memperkuat komitmen kita dalam mewujudkan Sulawesi Utara yang Maju dan Sejahtera sebagai Pintu Gerbang Indonesia ke Asia Pasifik,” ajaknya.’

Turut hadir Menteri Agama RI diwakili oleh Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI Pdt. Dr. Jeane Marie Tulung S.Th, M.Pd, Sekretaris Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI Pdt. John Tilaar S.Th, M.Si, Wakil Gubernur Sulut Drs. Steven Kandouw, Danlantamal VIII Manado Laksma TNI Noundy Jan Tangka S.A.P, CHRMP, Pangdam XIII Merdeka diwakili oleh Kolonel Inf. Agustinus Supijo, Kapolda Sulut diwakili oleh Auditor Madya Itwasda Polda Sulut AKBP Yandrie Makaminang, Danlanud Sam Ratulangi Manado diwakili oleh Kadispotdirga Kolonel Pas. Paulun Purwadi S.Pd, Kabinda Sulut diwakili oleh Alfons Sumenge, Kepala Kanwil Kemenkumham Sulut Dr. Ronald Lumbuun SH, MH, Asisten Pembinaan Kejati Sulut Ibu Dasplin SH, MH, Sekprov Sulut Steve Kepel ST, M.Si, Asisten I Setprov Sulut Dr. Denny Mangala M.Si Kapolres Minahasa AKBP Ketut Suryana SIK, SH, MM, Wakil Bupati Minahasa Dr. (HC) Robby Dondokambey S.Si, MM, MAP, para Bupati/ Wakil Bupati, Wali Kota/Wakil Wali Kota serta Pelsus dan guru agama se-GMIM,

 

Terry Lumentut

Related posts