Lapas Tondano Ikut Strategi Penguatan Kinerja Kemenkumham Sulawei Utara T. A. 2023

MANADO, MEDIAREALITA.COM – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB Tondano, yang diwakili oleh Kasubag TU (Veysi I Opit), Bendahara Pengeluaran (Ever Tangka), Operator Aplikasi Pelaporan (Eljino Lumempouw) mengikuti kegiatan Strategi Penguatan Kinerja di Lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (17/5/2023), bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham Sulut.

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Divisi Administrasi (John Batara), Kepala Bagian Program dan Humas (Noldy Sahabati) serta operator aplikasi pelaporan pada seluruh satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut ini menghadirkan 3 narasumber dari Biro Perencanaan yaitu Widi Sutresna (Sub Koordinator Pemantauan, Analisis dan Pelaporan Wilayah I), Yudhistira Sihombing (Penyusun Laporan dan Hasil Evaluasi) dan Asry Simanjuntak (Analis Perencanaan, Evaluasi dan Pelaporan).

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kakanwil Kemenkumham Sulut, (Ronald Lumbuun).

Baca juga:  Bupati ROR Serahkan Dokumen RDTR Kawasan Pariwisata Tombariri ke Kementerian ATR/BPN RI

“Strategi Penguatan Kinerja adalah salah satu hal yang penting dalam pelaksanaan tugas dan fungsi karena berkaitan dengan cara atau langkah dalam mencapai target pelaksanaan capaian kinerja yang telah ditentukan,” ungkap Kakanwil.

Di samping itu Kakanwil menambahkan bahwa strategi penguatan kinerja di lingkungan Kantor Wilayah disusun dengan tujuan untuk memberikan informasi kinerja target dan capaian kinerja yang terukur serta sebagai sarana pengendalian dan evaluasi penilaian kinerja.

“Kegiatan penguatan kinerja yang diselenggarakan ini, merupakan salah satu wujud nyata usaha bersama untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dari aspek kinerja maupun dalam hal pengelolaan keuangan Pemerintah. Selain itu juga adalah sebagai bentuk komitmen bersama terhadap kompetensi untuk membantu pegawai mempertahankan dan meningkatkan kompetensi hariannya,” jelas Kakanwil.

Oleh karena itu Lanjutnya dengan adanya kegiatan penguatan kinerja, akan semakin memudahkan tiap-tiap satker untuk melakukan pengendalian intern, sehingga program dan kegiatan yang telah disusun sesuai dengan tujuan serta pertanggungjawaban dan kinerja semakin akuntabel dan transparan.

Baca juga:  Kumendong Hadiri Sertijab Ketua TP PKK Minahasa

Selanjutnya kegiatan ini membahas tentang penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), supervisi penilaian mandiri evaluasi SAKIP, supervisi penyusunan laporan kinerja, SPIP dan Manajemen Risiko (MR).

Para peserta dalam kegiatan ini juga dilakukan pendampingan penginputan data capaian kinerja pada aplikasi E-Monev Bappenas, SMART DJA, e-Performance dan monitoring target kinerja serta action plan Kemenkumham.

Sementara itu, harapan dari Kepala Lapas Tondano (Yulius Paath) kepada beberapa pegawai yang mengikuti kegiatan tersebut berpesan agar dapat memberikan kontribusi terhadap positif yang ideal dan memiliki nilai kinerja yang lebih baik.

 

Terry Lumentut

Related posts