Kakaskasen Dua Wakili Sulut Masuk Top 75 Anuegrah Desa Wisata 2023

TOMOHON, MEDIAREALITA.COM – Kelurahan Kakaskasen Dua, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon menorehkan prestasi dengan menjadi wakil Sulawesi Utara yang masuk top 75 Anugerah Desa Wisata Indoensia (ADWI) 2023.

Kadis Pariwisata Kota Tomohon Judhistira Siwu, SE, M.Si mengatakan ADWI 2023 diharapkan dapat menggerakkan perekonomian Indonesia.

“ADWI akan menjadi momentum kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia,” ujar Siwu.

ADWI diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparkraf) RI, untuk tahun ini diikuti 7.275 desa/kampung wisata dari seluruh indonesia.

Acara ADWI sendiri, kata Siwu, telah dilaksanakan sejak 2021 dan dihasilkan melalui proses kurasi.

Baca juga:  Struktur Tim Kerja Lengkap, Kuron Optimis Perayaan Paskah GPDI se- Sulut 2023 akan Sukses Dihelat

 

“Tujuannya menggerakkan ekonomi melalui sektor pariwisata dari desa, membuka lapangan pekerjaan serta mewujudkan pariwisata berkelas dunia.

Adapun ADWI memiliki Lima (5) kategori penilaian yakni: 1. Daya tarik pengunjung (keunikan dan keaslian: alam dan buatan – seni dan budaya) 2. Suvenir (kuliner-kriya-fashion) 3. Homestay dan toilet 4. Digital dan kreatif 5. Kelembagaan dan desa wisata CSHE.

Keberhasilan kakaskasen Dua dalam top 75 ADWI, lanjut Siwu menjadi bukti nyata komitmen pemerintahan Wali Kota Caroll J. A Senduk SH dan Wakil wali Kota Wenny Lumentut SE yang tertuang dalam Misi CSWL: ‘Jadikan Tomohon Kota Wisata Dunia.’

Baca juga:  Wali Kota Tomohon Sebut Tokoh Agama Tidak Sekedar Pejuang Iman

 

Terry Lumentut

Related posts